Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Yang Dimaksud Dengan Notulen

KOMPAS.com - Dalam suatu rapat atau sidang biasanya akan ditulis berita acara berupa notulen. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, notulen atau notula adalah catatan singkat mengenai jalannya persidangan atau rapat serta hal yang dibicaran dan diputuskan di dalamnya.

Apa yang dimaksud notulen dan berikan contohnya?

Noteluen merupakan catatan rangkaian kegiatan seperti rapat, seminar, diskusi, atau sidang. Unsur-unsurnya adalah tujuan, poin-poin penting yang dibahas dalam kegiatan, saran, waktu, dan pihak-pihak yang hadir. Dalam artikel ini akan diberikan contoh notulen dari rapat OSIS, rapat sekolah, dan seminar.

Apa manfaat dari notulen?

Notula berfungsi sebagai alat dokumentasi suatu rapat. Hal ini berguna untuk memudahkan peserta mengetahui jalannya rapat dari awal sampai akhir, apa saja yang dibahas dalam rapat, serta keputusan apa yang dibuat.

Apa saja yang ditulis notulen dalam presentasi?

Berikut ini beberapa poin penting dalam format notulen rapat yang wajib dituliskan, antara lain:

  1. Judul rapat.
  2. 2. Tempat dan waktu dilaksanakannya rapat. ...
  3. 3. Daftar anggota yang hadir rapat. ...
  4. 4. Tujuan diadakannya rapat. ...
  5. Pembahasan dan hasil keputusan rapat.

Apa yang dimaksud dengan notulen brainly?

Jawaban. Notulen atau notula adalah pencatatan hasil sebuah rapat. Petugas yang membuat notulen biasanya disebut pembuat notula (notulis).

Apa yang dimaksud dengan notulen dan notulis?

Nah dari sini kita bisa tahu, nama dari catatan yang ditulis untuk mendokumentasikan rapat adalah notula atau notulen, sedangkan yang menulisnya adalah notulis.

Bagaimana cara menjadi notulen?

Cara dan tips membuat notulen rapat

  1. 1. Lakukan persiapan.
  2. 2. Catat siapa saja yang hadir. ...
  3. 3. Tuliskan poin-poin penting selama rapat. ...
  4. 4. Bedakan antara fakta dan opini. ...
  5. Buat langkah-langkah selanjutnya secara rinci. ...
  6. 6. Lakukan pengecekan terakhir kali. ...
  7. 7. Kirimkan segera. ...
  8. Mulailah dengan action review.

Apa tugas notulen dalam rapat?

Tugas notulen yang sebenarnya adalah mencatat poin-poin penting seputar informasi yang sedang dibahas, diutarakan, atau disepakati bersama. Kamu juga perlu mencatat berbagai tindakan dan setiap keputusan yang dihasilkan dari rapat tersebut.

Apa saja tugas notulen diskusi?

Tugas notulen dalam kegiatan diskusi adalah...

  • memimpin jalannya diskusi.
  • bertanya kepada penyaji diskusi.
  • menanggapi dan membahas isi laporan.
  • menyampaikan isi laporan yang akan didiskusikan.
  • mencatat pertanyaan, hal-hal penting selama diskusi, dan hasil-hasil diskusi.

Kapan notula dibuat?

BENTUK-BENTUK CATATAN PERTEMUAN/NOTULA Telah dikemukakan bahwa notula adalah catatan singkat mengenai jalannya persidangan (rapat) serta hal yang dibicarakan dan diputuskan. Notula ini dapat disusun sebelum rapat, pada saat rapat berlangsung atau sesudah rapat.

Apakah notulen itu penting?

Memberi informasi penting Notulen adalah catatan tertulis tentang apa yang disepakati pada pertemuan dan menciptakan pemahaman bersama tentang hasil. Notulen adalah sumber informasi penting yang memungkinkan peserta untuk merenungkan apa yang terjadi.

Apakah notulen harus ada tanda tangan?

Pada bagian notulen, harus disertai dengan nama jabatan, tanda tangan dan juga nama pejabat, pangkat ataupun NIP. Tanda tangan yang dibubuhkan ini beberapa diantaranya adalah tanda tangan milik ketua dan wakil ketua rapat. Jika notulen tersebut dibuat dan tidak ada tanda tangannya maka dianggap tidak resmi.

Siapa yang menandatangani notulen?

Siapa yang Menandatangani Notulen? Notulen hasil rapat akan ditandatangani oleh seluruh pihak yang dianggap penting dan bertanggung jawab atas terlaksananya rapat tersebut.

Apa kata baku dari notulen?

bentuk tidak baku: notulen, notulensi.

Apa langkah pertama membuat notulen rapat?

Bagaimana cara membuat notulen rapat yang efektif?

  1. Siapkan agenda rapat terlebih dahulu.
  2. Rekam kehadiran. ...
  3. Ikuti struktur yang jelas. ...
  4. Minta peserta untuk mengulas. ...
  5. Bagikan dengan semua pemangku kepentingan terkait. ...
  6. Format notulen yang benar.

Apa itu no tulis?

notulen adalah sebuah ringkasan tentang hasil pembicaraan dalam rapat yang bersifat ringkas, padat, sistematis, dan secara menyeluruh.

Mengapa kita harus membuat notula?

Tujuan Pembuatan Notula Rapat Dalam hal ini, notulen rapat selanjutnya digunakan sebagai tanda bukti pertanggungjawaban untuk diserahkan kepada pihak-pihak yang berkepentingan.

Tuliskan tiga keahlian apa saja yang harus dimiliki notulis?

Seorang notulis harus terampil atau mampu:

  • Mendengarkan da menulis.
  • Memilah dan memilih hal yang penting dan yang tidak penting.
  • Konsentrasi yang tinggi.
  • Menulis cepat.
  • Bersikap obyektif dan jujur.
  • Menguasai bahsa teknis baku dan menguasai materi pembahasan.
  • Mengetahui dan memenuhi kebutuhan pembaca notula.

Apa saja isi dari notula rapat?

Isi notula terdiri dari susunan acara rapat, sambutan-sambutan, hal-hal yang dibahas di dalam rapat, pembahasan diksusi, serta hasil keputusan rapat.

Notula dibagi menjadi berapa?

Notula terbagi menjadi dua jenis yaitu:

  • Notula Harfiah. Yang dimaksud dengan notula harfiah adalah laporan atau pencatatan secara kata demi kata seluruh pembicaraan dalam rapat, tanpa menghilangkan atau menambahka kata lain (kata dari notulis).
  • Notula Rangkuman.

Post a Comment for "Apa Yang Dimaksud Dengan Notulen"